Technology

Mengenal Beat Matching DJ

0
beatmatching adalah

Menjadi seorang DJ tidak jauh berbeda dengan seorang musisi yang harus memahami struktur dari sebuah lagu, dengan berbagai teknik dasar yang harus dikuasai. Kali ini redaksi sekolahdj.com akan menguraikan teknik dasar yang harus dikuasai seorang dj yaitu mengenal beatmatching DJ.

Apa itu Beatmatching

Beatmatching atau speed hunting merupakan teknik dasar untuk menggabungkan track lagu yang akan dimainkan untuk menyesuaikan tempo dengan track yang sedang dimainkan, sehingga ketukan dan bar disinkronisasi pada saat yang sama ketika kedua lagu dimainkan secara bersamaan sehingga menghasilkan struktur playlist yang baik. Ini merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang DJ, dan dari sini biasanya dapat diketahui kemampuan dan kualitas seorang DJ. Untuk melakukan Beatmatching, kamu harus mendengarkan betul-betul ketukan dari sebuah lagu yang akan disambung dengan lagu selanjutnya. Baru sesuaikanlah tempo lagu yang akan disambung selanjutnya dengan menggunakan fitur pitch shift.

Mengenal Dasar Beat, Bar Dan Phrase
Beat Per Minute atau BPM merupakan kecepatan pada sebuah lagu yang didapatkan dengan cara menghitung jumlah Beat / Clap Dalam satu menit yang biasanya ditandai dengan angka seperti 128 BPM dan seterusnya. Setiap lagu memiliki BPM yg berbeda beda, contoh nya Electro House : 129 BPM – 133 BPM, Trance : 138 BPM – 145 BPM.

Bar adalah frase musik dalam lagu, yang terdiri dari beberapa beat. Satu bar pada lagu umumnya memiliki 4 beat yang terdiri dari 4 ketukan. Bagian-bagian lagu seperti Verse dan Chorus, biasanya diukur menggunakan bar,  Verse umumnya selama 8 hingga 16 bar, dan begitu juga dengan Chorus. Contoh: dalam birama 4/4, satu bar sama dengan 4 beat atau ketukan. Frase 16 bar berarti memiliki 64 beat.

Mengenal Struktur Sebuah Lagu (intro, reff, drop atau breakdown)
Struktur lagu merupakan susunan unsur musik dalam sebuah lagu yang menghasilkan sebuah komposisi lagu. Sebuah lagu memiliki bentuk / struktur yang terdiri dari kalimat (verse atau bridge), pola, motif, refrain (pengulangan), segmen, tema, interlude, dan sebagainya. Struktur dalam lagu DJ biasanya terdiri dari empat bagian

– Intro /Introduction  adalah awal dari sebuah lagu yang merupakan  pengantar untuk masuk ke bagian verse

– Verse adalah bagian dari sebuah komposisi lagu yang memiliki intensi rendah menuju sedang. Verse merupakan bagian yang biasanya dinyanyikan dan berubah pada verse selanjutnya. Part verse biasanya berada sebelum reff/chorus.

– Reff/chorus merupakan part berintensi sedang menuju tinggi, dan biasanya menjadi hook untuk dapat dinyanyikan berulang-ulang.
Drop atau Breakdown biasanya dipakai untuk menjembatani antara bagian-bagian lagu. Misalnya menjembatani antara Chorus dengan Verse atau sebaliknya. Drop juga dipakai untuk menjembatani antara Chorus dengan Chorus yang Modulasi (naik nada dasar), sehingga Modulasi tidak terdengar ganjil. Drop merupakan bagian lagu dengan intensi paling tinggi, sehingga disinilah biasanya para DJ memainkan emosi dari para penonton pertunjukan.

Teknologi Membantu Beat Matching
Dalam perkembangan teknologi yang semakin modern melakukan beat maching atau speed hunting sudah sangat mudah. Karena setiap DJ player telah dilengkapi dengan sebuah tombol pintar untuk menyamakan beat yakni sync. Hanya dengan menekan tombol sync kamu tak perlu lagi melakukan speed hunting untuk menyamakan bpm, dan di sematkanya layar monitor sangat membantumu untuk melihat bpm dari sebuah lagu

Manual Speed Hunting Dengan Turntable
Berbeda lagi dengan peralatan modern, saat era piringan hitam atau vinyl seorang DJ menggunakan player yang disebut dengan turtable. Disini seorang DJ harus benar benar peka terhadap ketukan dari sebuah lagu dan paham struktur lagu untuk menyamakan bpm. Bukan hanya itu dalam mixing lagu seorang DJ harus menghitung secara manual untuk menemukan ketuk satu yang tepat, sehingga permainan nya tidak berantakan.

Tidak ada yang sulit sebenarnya apabila kamu tekun dan semangat dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan mu dalam menjadi DJ. Uraian tentang mengenal Beat Maching DJ diatas yang telah dirangkum redaksi sekolahdj.com tentu saja tak akan berguna jika kamu tak memahami dengan benar.

Untung Rugi Beli XDJ RX2 Bekas atau XDJ RX1 Baru

Previous article

Peluang Membuat Label Atau Management Sendiri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Technology