Info

Apa Saja yang Diajarkan di Sekolah DJ?

0

​Menjadi DJ kini semakin diminati banyak orang. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya sekolah-sekolah dj di kota-kota besar, ataupun course-course online melalui youtube juga banyak dijumpai. Lantas mengapa profesi dj banyak diminati oleh banyak orang? Mungkin anggapan bahwa popularitas dan penghasilan yang menjanjikan merupakan alasan yang paling mencolok untuk memilih karir untuk menjadi seorang dj.

Pola pikir seperti inilah yang menuntun banyak orang untuk berbondong bondong mendaftar di sekolah dj di kota kota besar seperti Jakarta, Jogja, Semarang, Medan, Bali, dan lain-lain. Tapi apakah kamu sudah mengerti, materi apa yang diajarkan di sekolah dj yang nantinya akan menjadi tempat kamu belajar?

Nah untuk itu, sekolahdj.com telah melakukan review terhadap kebanyakan kurikulum yang ada di sekolah-sekolah dj yang ada di indonesia. Mau tau apa yang diajarkan? Yuk kita simak artikel yang ada dibawah ini.

1. Beatmatching

​Level pertama yang akan diajarkan di sekolah dj adalah beatmatching. Beat matching adalah proses menyamakan tempo/speed/BPM dari dua atau lebih lagu yang berbeda dan memainkannya dengan waktu yang bersamaan sehingga mereka terdengar seperti sebuah lagu. Beat matching menjadi sangat penting bagi seorang DJ karena ini diperlukan untuk melakukan transisi yang halus pada saat mixing.

Tujuan pertama kamu menguasai beatmatching adalah agar kamu dapat bisa langsung menyambung lagu dan siap untuk performing. Dalam tahap ini, kamu juga akan diajarkan mengenai struktur lagu dan framing playlist yang akan dimainkan

​2. Scratching

​Scratching adalah teknik dalam permainan DJ yang menghasilkan suara khusus dengan cara memanipulasi gerak vinyl (piringan hitam) pada turntable. Namun penerapannya pada era saat ini scratching tidak hanya dapat dilakukan melalui vinyl, namun juga dapat dilakukan controller dj.

Teknik scratching ini biasanya dipadukan dengan permainan mixer untuk mengatur suara yang dihasilkan dari scratching. Dalam teknik scratching juga terdapat beberapa notasi yang dapat kalian pelajari

3. Music Producing

​Tidak semua sekolah dj mengajarkan music producing. Music Producing biasanya diajarkan pada tataran level ketiga, setelah kalian selesai belajar mengenai beatmatching dan juga scratching. Lantas apa yang akan diajarkan di level ketiga pada sekolah dj ini? Seperti yang ada di judulnya, kalian akan diajarkan cara untuk memproduksi musik elektronik. Biasanya menggunakan software Digital audio workstation sepert ableton, atau fruity loops.

​4. Job Training / Event Internship

​Nah untuk yang ke 4 ini, biasanya setelah level pertama (beatmatching) selesai, kalian akan diberikan kesempatan untuk tampil di beberapa tempat yang telah bekerjasama dengan sekolah dj tempat kalian belajar, entah itu di club, cafe, ataupun ditempat-tempat lain.

Nah sudah memahami kan apa yang akan kalian dapatkan di sekolah dj? Rajin-Rajin buka website sekolahdj.com ya, agar kamu dapat lebih mengerti apa saja yang harus dilakukan setelah kalian selesai atau lulus dari sekolah dj.

Tag : sekolahdj.com, Sekolah dj, dj school, sekolahdj, sekolah dj bali, sekolah dj online, sekolah dj jogja, sekolah dj yogyakarta, sekolah dj jakarta, sekolah dj semarang, kursus dj, kelas dj, jual alat dj, servis alat dj, jual cd, jual controller dj.

5 Festival Electronic Dance Music by Sekolahdj.com

Previous article

REVIEW: NUMARK PARTY MIX PRO

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *