Technology

Beatmatching teknik dasar DJ: Panduan Beatmatching dengan Pioneer DDJ-200

0
Pioneer DDJ-200

Salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh seorang DJ adalah beatmatching. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial langkah demi langkah tentang bagaimana melakukan beatmatching menggunakan Pioneer DDJ-200, kontroler DJ yang populer dan user-friendly. Ikuti panduan ini untuk menguasai teknik dasar beatmatching dan membuat transisi yang mulus antara lagu-lagu.

Rekordbox DJ

Langkah 1 : Persiapan

– Pertama, pastikan Anda telah menghubungkan Pioneer DDJ-200 ke perangkat Anda dan meluncurkan aplikasi DJ yang kompatibel seperti rekordbox dj atau WeDJ.

– Selanjutnya, pilih dua lagu yang ingin Anda mix. Pastikan keduanya memiliki tempo yang serupa atau relatif dekat untuk memudahkan beatmatching.

Langkah 2 : Memulai Lagu Pertama

– Load lagu pertama ke deck 1 pada Pioneer DDJ-200. Gunakan jog wheel untuk mencari titik awal lagu dan putar lagu hingga Anda menemukan beat yang jelas dan mudah didengar.

Langkah 3 : Mengatur Pitch dan Tempo

– Perhatikan angka pitch atau tempo yang ditampilkan pada layar atau jog wheel. Sesuaikan pitch fader atau tombol tempo pada Pioneer DDJ-200 hingga angka tersebut mencocokkan tempo lagu dengan tempo standar (biasanya 120 BPM).

Langkah 4 : Cueing Lagu Kedua

– Load lagu kedua ke deck 2 pada Pioneer DDJ-200. Gunakan jog wheel untuk mencari titik awal lagu dan putar lagu hingga Anda menemukan beat yang jelas dan mudah didengar.

– Gunakan tombol cue pada deck 2 untuk menandai titik awal lagu kedua.

Langkah 5 : Memulai Beatmatching

– Dengan lagu pertama bermain, putar tombol cue pada deck 2 untuk memainkan lagu kedua secara tersembunyi.

– Gunakan jog wheel pada deck 2 untuk menyesuaikan fase lagu kedua hingga beat kedua lagu tersebut cocok dengan beat lagu pertama.

Langkah 6 : Sinkronisasi Tempo

– Jika beat kedua telah cocok dengan beat lagu pertama, pastikan tempo atau pitch lagu kedua juga cocok. Gunakan pitch fader atau tombol tempo pada deck 2 untuk menyesuaikan tempo lagu kedua hingga cocok dengan tempo lagu pertama.

Langkah 7 : Memperhalus Transisi

– Setelah beatmatching dan sinkronisasi tempo dilakukan, Anda dapat memulai transisi antara lagu-lagu dengan menggunakan crossfader pada Pioneer DDJ-200. Atur perlahan crossfader dari deck 1 ke deck 2 untuk memperkenalkan lagu kedua dan memudar keluar lagu pertama.

Pioneer DDJ-200

Langkah 8 : Eksplorasi Kreativitas

– Setelah Anda menguasai teknik dasar beatmatching, jangan takut untuk bereksperimen dengan efek dan fitur lainnya yang ditawarkan oleh Pioneer DDJ-200. Gunakan loop, hot cue, atau filter untuk memberikan sentuhan pribadi pada set DJ Anda.

Dengan menggunakan Pioneer DDJ-200 dan mengikuti panduan beatmatching ini, Anda dapat dengan mudah menggabungkan lagu-lagu dengan transisi yang mulus. Ingatlah untuk berlatih secara konsisten dan bereksperimen dengan berbagai lagu dan gaya musik untuk mengembangkan keterampilan DJ Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Alat DJ Alternatif Selain Numark Party Mix MK2: Temukan Pilihan yang Cocok Untukmu!

Previous article

Review Focusrite Scarlett Solo: Interface Audio Keren untuk Rekaman Solo dengan Budget Terjangkau

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Technology