Technology

Launchpad Pro Vs Launchpad, Apa Sih Bedanya?

0

Bukan cerita lama piranti untuk belajar DJ memang mahal. Dibutuhkan biaya besar untuk bisa menguasai ilmu dan teknik DJ tingkat tinggi. Tapi bagi kalian yang tetap ingin belajar tentang dunia DJ namun kantong cekak, sudah ada alternatif piranti yang dapat melakukan fungsi penting ber-DJ ria. Novation Digital Music System, sebuah perusahaan musik asal Inggris, sudah sejak 2009 meluncurkan Launchpad yang hingga saat ini banyak digandrungi anak muda pencinta musik genre electronic dance music dan sejenisnya.

Selain multifungsi, Launchpad seru untuk dimainkan dan harganya terjangkau. Di bawah Rp5 juta saja, kalian sudah dapat membawa pulang Launchpad untuk dipelajari sendiri di rumah. Ada dua versi Launchpad yang dapat kalian pilih. Sebelumnya asyik memutuskan mau beli yang, baca dulu yuk apa sih perbedaan Launchpad pro dengan Launchpad itu sendiri sebagaimana kami ambil dari novationmusic.com:

Launchpad

Novation merilis Launchpad yang mempunyai alas ukuran besar, tombol navigasi yang mudah dipakai dan cerah plus LED multi warna yang gesit. Dalam Launchpad, kalian bisa menemukan Ableton Live Lite, instrumen virtual Novation Bass Station dan contoh Loopmaster 4GB. Terdapat 64 bantalan dengan susunan 8×8 grid. Launchpad tidak mempunyai fitur mode skala, Red, Green and Blue (RGB), sensitivitas tekanan dan kecepatan lalu mode catatan khusus dan drum rack.

Untuk fitur mixer, Launchpad memungkinkan pemakainya melakukan mixing dalam grid dalam RGB. Koneksi yang tersedia hanya USB ukuran penuh. USB masih diandalkan untuk melakukan transfer daya. Berat Launchpad sendiri mencapai 800 gram.

Launchpad pro

Launchpad pro lebih lengkap dari Launchpad. Sementara Launchpad tidak mempunyai fitur seperti mode skala, RGB, sensitivitas tekanan dan kecepatan dan mode catatan khusus dan drum rack, Launchpad pro mempunyai itu semua. Bahkan untuk fitur RGB, Launchpad pro menawarkan hingga 64 ribu warna sehingga mengutak-atik piranti ini terasa sangat menyenangkan.

Untuk koneksi, Launchpad pro menawarkan pilihan memakai MIDI Input Jack dan MIDI Output Jack selain USB ukuran penuh. Selain berbasis USB, Launchpad pro melengkapiĀ diri dengan PSU untuk pemakaian standalone. Berhubung lebih lengkap, Launchpad pro lebih berat, yakni 1,22 kilogram. Launchpad pro merupakan versi paling komprehensif dibandingkan Launchpad atau Launchpad mini.

DJ Martin Garrix Yang Langganan Festival Music Dance Akbar

Previous article

LMMS, Digital Audio Workstation Yang Bisa Didapatkan Secara Gratis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Technology