0

Membuat studio DJ sangat mudah untuk orang yang sangat paham tentang audio setting, namun tentu saja bukan hanya pengetahuan audio setting saja yang diperlukan. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan memilih speaker untuk studio DJ, dan berikut redaksi sekolahdj.com merangkumnya buat kamu.

  1. Sesuaikan Budget

    Hal yang satu ini adalah yang paling krusial, tentu saja budget harus disesuaikan dengan segala kebutuhan yang akan dibeli. Jangan terlalu mengejar harga speaker yang mahal, namun utamakan sound yang dihasilkan sesuai dengan standard studio sehingga kamu bisa menghemat budget untuk kebutuhan studio mu yang lain.

  2. Pahami Jenis Speaker

    Kamu harus mulai mencari informasi tentang jenis speaker di internet atau kamu bisa bertanya kepada orang yang memahami betul tentang speaker, sehingga kamu nantinya tidak salah pilih dan memiliki studio dj yang berkualitas. Jenis speaker untuk kebutuhan studio adalah Studio monitor speaker, yang mana akan berbeda dengan Hifi Speaker. Penjelasan untuk kedua speaker ini akan redaksi sekolahdj.com jelaskan di artikel selanjutnya.

  3. Pilih Ukuran Speaker Sesuai Luas Ruangan

    Studio Monitoring system yang paling pas digunakan untuk studiodj.com adalah speaker yang minimal besaran diameter-nya minimal 5 inch. 5-inch menjadi patokan untuk system yang paling baik karena besaran diameter ini dapat mendistribusikan keseluruhan frequency dengan baik, tidak terpotong khusunya di bagian low frequency.

  4. Pilih Merk yang Mempunyai Garansi Kerusakan, dan Harga Pasca Pakai

    Banyak sekali pabrikan yang memproduksi studio monitoring sistem yang baik, dan memiliki kelasnya masing-masing. Namun satu hal yang harus kamu pastikan sebelum membeli adalah garansi atas kerusakan speaker yang telah kamu beli, selain itu yang tak kalah penting adalah harga pasca pakai, atau dengan kata lain ketika kamu mau upgrade monitoring system kamu, harganya tidak jauh turun.

  5. Pahami Output Pastikan Sesuai Dengan Input

    Ini yang sering diabaikan orang dan kebanyakan menganggap sama. Kamu harus tau dan memahami output dari laptop atau soundcard atau dj controller mu apakah RCA atau XLR atau TRS dan tentu saja pastikan sesuai dengan input yang ada di bagian belakang speaker.

  6. Sisakan Budgetmu Untuk Membeli alat studio yang lain.

    Kebutuhanmu bukan hanya speaker saja untuk membuat studio DJ, maka dari itu menyisakan budget ini sangat penting karena ada banyak hal lagi yang harus kamu miliki seperti komputer, soundcard, kabel-kabel interkoneksi, dll. Contohnya, kamu akan memerlukan stand speaker untuk dapat mengenhance frekuensi speaker kamu. Stand speaker memberikan manfaat yang penting terutama untuk jenis bookshelf speaker. Dengan adanya stand speaker yang padat maka akan mengisolasi getaran speaker dari lantai agar bass yang anda dengarkan adalah bass yang nyata, bukan getaran dari rak, meja ataupun lantai.

    ‘Faktor lain pentingnya stand speaker adalah kebanyakan stand speaker menempatkan speaker sekitar sejajar dengan telinga pada saat kita duduk. Hal ini meluruskan woofer dan tweeter terhadap telinga serta mencapai keseimbangan suara yang terbaik. Stand speaker pun dirancang dengan hitungan secara matematis pada derajat kemiringan dan ketinggiannya sehingga suara-suara yang tidak diinginkan akan diminimalisasi.

Bagaimana, semoga artikel yang telah dirangkum redaksi sekolahdj.com ini dapat membuatmu lebih paham untuk cara memilih speaker bagi studio dj. Jika kamu mau sewakan studio dj mu jangan lupa jalankan strategi marketing yang tepat.

DJ Wajib Membaca Kontrak Sebelum Perform

Previous article

Untung Rugi Beli XDJ RX2 Bekas atau XDJ RX1 Baru

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Technology