0

Jika kita amati di dunia hiburan banyak pemusik eksentrik yang memiliki ciri khas dalam penampilan nya. Entah memakai topeng, helm, maupun gaya panggung yang nyeleneh. Di artikel terdahulu kita sudah membahas tentang DJ Deadmau5 dan Marshmello yang selalu menggunakan helm disetiap penampilan nya. Namun tahukah kamu siapakah inspirasi mereka sehingga menggunakan helm ikonik seperti itu? Ya jawaban nya adalah daft punk yang berikut redaksi sekolahdj.com telah merangkum sejarah helm Daft punk buat kamu.

Daft Punk merupakan duo musik elektronik yang beranggotakan musisi Perancis Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter. Mereka mencapai popularitas pada akhir 1990-an sebagai bagian dari gerakan musik French House dan telah sukses di tahun-tahun berikutnya dengan gaya bermusik yang menggabungkan unsur-unsur musik house dengan funk, techno, disco, rock dan synthpop.

helm daftpunk

perubahan helm daft punk dari waktu ke waktu

Daft punk telah mengeluarkan Album debut mereka, Homework yang didukung oleh single Around the World dan Da Funk. Album kedua mereka, Discovery, telah sukses lebih lanjut, didukung oleh hit single One More Time, “Digital Love” dan Harder, Better, Faster, Stronger. Daft Punk juga telah merilis album ketiga mereka, yakni Human After All, dengan single Robot Rock dan Technologic yang mencapai sukses di Inggris.

Selain musik elektronik, Daft Punk juga dikenal berkat helm yang sangat khas. Helm itu dipakai Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter sejak 1996, dan belum pernah dilepas sama sekali. Menurut Daft Punk, helm itu dipakai bukan atas nama fashion maupun kepentingan marketing, namun lebih menyerupai pernyataan sci-fi glam. Daft Punk sendiri menggunakan helm tersebut selain alasan sci-fi glam juga agar dunia melihat dan fokus pada musiknya bukan pada wajah sang artis. Karena seperti kita tahu bahwa banyak sekali talent yang tak memiliki kredibilitas namun hanya mengandalkan kelebihan fisik.

Sejarah helm daft Punk

LED Helm Daft Punk

Dibalik penampilan Daft Punk yang ikonik dengan helmnya ternyata ada seorang Tony Gardner. Gardner juga mengungkapkan bahwa ‘The Day the Earth Stood Still’ menjadi inspirasi untuk kostum ikonik Daft Punk. Kostum tersebut punya fungsi ganda sebagai layar LED untuk penampilan live band. Hal itu semua dijelaskan Gardner dalam film dokumenter terbaru Daft Punk – Behind The Helmets.

Menarik sekali kan sejarah helm daft punk hingga menjadi ikon dalam dunia DJ Internasional, dan menginspirasi DJ lain untuk melakukan hal yang sama. Sudah dulu ya rangkuman redaksi sekolahdj.com tentang sejarah helm daft punk semoga bisa menginspirasi kamu untuk membuat ikon ikon baru nantinya.

Profile DJ Grand Wizzard Theodore Penemu Teknik Scratching

Previous article

Mengenal Bagian-Bagian DJ Turntable

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News