News

Apa saja materi dasar belajar DJ? Cek yuk

0

Seperti halnya subyek pelajaran lainnya, menjadi seorang DJ profesional harus melewati tahapan materi agar terfokus. Pentingnya membuat jenjang ini agar keahlian seorang DJ bisa terstruktur dimana level yang satu membawa dampak positif ke tahap lanjutan. Bagi kalian yang tertarik belajar DJ, baik untuk hobi saja atau sebagai profesi, kenali dulu yuk materi dasar belajar DJ.

materi dasar belajar DJ pada sekolah DJ pada umumnya meliputi teknik mencampur musik atau lagu alias mixing. Mixing ini begitu penting sebab merupakan teknik paling mendasar bagi seorang DJ yang memang tugasnya mencampur sumber suara hingga menjadi audio yang spektakuler.

Teknik dasar mixing tersebut mencakup tahapan, yakni pengenalan alat, beat n club, speed hunting, beat mixing, bar mixing dan creative mixing. Untuk pengenalan alat, DJ baru akan belajar alat DJ yang biasanya digunakan, yakni turntable atau CDJ player dan mixer DJ. DJ baru wajib memahami fungsi tombol untuk penggunaan yang maksimal nantinya.

Ada pula beat n club dimana DJ baru akan belajar ketukan pada irama lagu. Ketukan ini nantinya akan bermanfaat dalam melakukan mixing lagu. Pada bagian speed hunting, DJ baru akan belajar teknik untuk menyamakan tempo pada dua lagu yang dimainkan bersamaan. Di sinilah, DJ baru akan belajar cara menghitung ketukan pada lagu secara manual dengan benar.

Pada tahap beat mixing, DJ baru akan belajar cara melakukan mixing dengan tepat. Level bar mixing mengajarkan DJ baru teknik menghitung bar ke-2 pada lagu yang akan dicampur. Tujuannya agar hasil suara menjadi pas.

Sedangkan pada tahap terakhir, DJ baru akan belajar melakukan transisi lagu secara mulus sehingga enak didengar oleh audiens nantinya. Kurang lebih itulah tahap mixing sebagai bagian materi dasar belajar DJ yang lazim dipelajari di sekolah DJ. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari silabus sekolah DJ yang lengkap atau sekadar belajar otodidak sendiri di rumah. Silahkan dicoba.

Algoriddim Vjay, aplikasi mobile untuk VJ pemula

Previous article

Apa yang perlu dipersiapkan ketika main DJ ditonton banyak orang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News