News

Belajar DJ menggunakan laptop, mungkinkah?

0

Mempelajari seluk beluk tentang dunia DJ dapat dilakukan dengan memanfaatkan laptop yang telah kalian miliki. Belajar DJ melalui laptop pada dasarnya bermuara pada hal penting sebagaimana berikut.

  1. Mempelajari software

Yang pertama yang bisa dilakukan dengan laptop adalah mempelajari software yang ada di pasaran. Dalam beberapa decade terakhir, pasar software DJ dikuasai oleh dua pemain: Traktor adri Native Instruments and Serato. Meski mempunyai perbedaan tampilan, keduanya pada dasarnya mempunyai fungsi dan kegunaan yang mirip. Dari keduanya, kalian bisa mempelajari cara mengorganisir dan mempersiapkan musik, mencampur hingga empat deck, memotong dan memutar bagian dari track hingga memanipulasi efek.

  1. Sistem vinyl digital

Sistem vinyl digital perlu dipelajari sebab sistem ini memungkinkan kalian selaku DJ digital mengendalikan aplikasi DJ digital melalui alat yang lebih tradisional seperti CDJ atau turntable vinyl. Hal ini dapat dilakukan melalui pemakaian vinyl kontrol atau CD yang menggunakan kode waktu untuk menghubungkan posisi dek ke software.

Beberapa pengembang software memasukkan sejenis sistem vinyl digital dengan catatan kalian harus membeli dan atau mengunakan antarmuka hardware tertentu. Cek dulu situs software tersebut atau membaca panduan manualnya terlebih dahulu.

  1. Perpustakaan musik

Menjadi DJ tentu saja harus mempunyai pengetahuan musik yang sangat lengkap. Pelajarilah tentang genre musik, irama lagu, ketukan dalam audio agar nanti mulus dalam melakukan mixing.

Setelah menguasai hal tersebut, perhatikan format lagu yang diusung dalam setiap aplikasi. Mayoritas sih sudah dapat memainkan format umum, seperti MP3, WAV, FLAC atau AFIF, yang artinya bisa langsung kalian padukan dengan koleksi lagu kalian. Yang mesti diperhatikan adalah mutu track. Kualitas lagu yang dibeli melalui Amazon atau iTunes terkadang dalam format yang kurang bagus, sudah dikompres agar ukuran file lebih kecil. Nah, perhatikan hal tersebut agar hasil mixing nanti benar-benar optimal.

  1. Mengorganisir musik

Apakah berdasarkan genre? Atau nama musisi? Kalian dapat mempelajari cara manajemen arsip musik dan audio dalam laptop kalian. Hal ini penting agar gampang nantinya dalam mengambil file lagu, apalagi jika kalian tampil di panggung. Kecekatan meracik lagu sangat dibutuhkan agar audiens terus terhibur.

 

Belajar DJ menggunakan aplikasi HP? Mungkinkah?

Previous article

Benarkah Harga Alat DJ di Luar Negeri Lebih Murah Daripada di Dalam Negeri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News