News

Jadi Resident DJ di Cafe/Club? Begini Caranya

0
cara menjadi resident dj di cafe club

Beberapa waktu yang lalu redaksi sekolah dj com ( Sekolah DJ Medan Jakarta Bali Jogja ) telah merangkum sebuah artikel menarik tentang tantangan menjadi Resident DJ. Karena bagaimanapun menjadi resident DJ apalagi di club besar tentu akan memberi nilai plus tersendiri untuk kamu masukan ke profilmu. Namun memang tidaklah mudah untuk bisa menjadi seorang resident DJ. Jika hal itu merupakan tujuanmu menjadi seorang DJ, maka kali ini redaksi sekolahdj.com akan menguraikan cara menjadi resident DJ.

Cara Menjadi Resident DJ

  1. Mulai dari club/cafe baru atau kecil

    Untuk memulai sesuatu yang besar biasanya siapapun orangnya membutuhkan keberanian dan kekuatan mental yang besar. Akan tetapi saat hal tersebut sudah berjalan dan melalui trial & error maka yang muncul adalah optimisme. Selain memiliki optimisme dalam diri, langkah paling awal yang bisa kamu lakukan adalah carilah informasi tentang café/club baru buka, atau masih baru memulai mencari pengunjung.
    Karena biasanya mereka tak memasang standart tinggi untuk resident DJ nya seperti gigs experience, skill, dsb. Kamu bisa browsing di social media, untuk mencari contact person baik email, telepon maupun nomor whatsapp atau dari venue tersebut.

  2. Bersedia di bayar under rate untuk bulan pertama (trial)

    Dikarenakan club/cafe yang akan kamu jadikan tempat sebagai resident DJ tidak memsang standart tinggi maka kamu pun jangan berharap terlalu tinggi. Sudah barang tentu kamu harus siap dengan segala resikonya seperti fee yang kecil terutama pada masa trial. Kamu harus sadar bahwa disini kamu menambah pengalaman untuk seseuatu yang lebih besar dikehidupanmu mendatang.

    Cara menjadi resident dj

    Resident Dj

  3. Lakukan riset terhadap pengunjung

    Setelah kamu menjadi resident DJ di sebuah club/cafe, jangan lantas kamu gembira. Segera lah bergerak untuk melakukan riset terhadap konsumen tempat tersebut, hal itu akan sangat berguna dalam kamu menentukan jenis musik seperti apa yang paling sesuai dan diminati. Kamu juga harus memperhatikan usia, segmentasi pengunjung  apakah mereka dari golongan high class ataukah middle up.
    Karena yang harus kamu pahami adalah usia dan segmentasi sangat berpengaruh pada jenis lagu yang disukai. Taruhlah contoh jenis musik chillout yang dimainkan di lounge sangat disukai usia dewasa dengan segmentasi A dan B+ untuk rilex dan bersantai.

  4. Beranikan diri resident di luar kota

    Kamu harus memiliki keberanian untuk meninggalkan kotamu dan mencari kota besar yang tentu banyak memiliki club seperti Bali. Hal ini akan lebih memudahkanmu dalam menjadi seorang resident DJ, dikarenakan semakin banyak club yang ada maka kebutuhan akan resident DJ semakin besar. Jika kamu hanya berkutat di kota asalmu, yang notabene hanya memiliki satu atau dua club saja, sudah dapat dipastikan persaingan akan sangat ketat, dan kesempatanmu menjadi resident DJ sangat kecil.

Bagaimana menurutmu, sebenarnya tidak sulit kan untuk menjadi seorang resident DJ, yang pasti bulatkan tekat, selalu optimis dan pandai pandai dalam melihat peluang yang ada. Dengan kemampuan itu maka kamu akan sangat mudah mewujudkan mimpimu. Semoga uraian tentang cara menjadi resident DJ yang telah dirangkum redaksi Sekolah DJ com Sekolah DJ Medan Jakarta Bali Jogja bermanfaat ya buat kamu.

Video: Persiapan Sebelum Masuk ke Sekolah DJ

Previous article

Rekomendasi VST Virtual Instruments

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News