DJ Profile

Mengulik sejarah Visual Jockey

0

Istilah Visual Jockey atau VJ bermula dari sebuah klub malam di New York, AS, pada 1970an. Pada akhir 1970an, performa video dan musik semakin mendukung satu sama lain. Saat konser, sudah ada segelintir band yang mulai reguler memainkan film atau video dalam musik mereka. Sebagai contoh adalah Tony Potts yang dianggap sebagai anggota tidak resmi The Monochrome Set berkat karyanya yang membuat proyeksi desain pencahayaan dan pembuatan film untuk acara langsung. Selain dirinya, ada grup Cabaret Voltaire yang mulai memakai perlengkapan penyuntingan vide berbiaya rendah untuk suara rekan mereka.

Pada 1981, contoh perpaduan film dengan performa langsung adalah yang dibuat oleh Public Image Ltd. pada Ritz Riot, sebuah klub di New York. Untuk teknologi Visual Jockey sendiri awalnya dibuat oleh pelopor seni video, Nam June Paik, Steve Rutt dan Bill Etra yang membuat perangkat keras eksperimen. Hasilnya ditampilkan pada klub malam Hurrah yang secara cepat menjadi pilihan baru bagi seniman video menyiarkan produksi mereka karena gagal memperoleh kontrak produksi pada acara reguler massal saat itu.

Sebagaimana kami ambil dari Wikipedia, pada Mei 1980, seniman multimedia/pembuat film Merril Aldighieri diundang mempertunjukkan film di Hurrah. Saat itu, klip musik video belum tersedia dalam jumlah besar dan instalasi video dipakai untuk menampilkan film dalam beberapa kesempatan. Merrill pun membuat visual besar untuk membawa peran visual menyetarai musik buatan DJ. Visual ini bisa dipadukan secara real time untuk menginterpretasikan musik yang dibawakan oleh DJ.

Pada 1990an, karya Visual Jockey mulai dipublikasikan, seperti kompilasi Xmix (mulai 1993), “Lifeforms” (Future Sound of London, VHS, 1994) dan “Telecommunication Breakdown” milik Emergency Broadcast Network pada 1995.

Profesi Visual Jockey semakin berkembang pada era 200an dimana ada banyak festival yang berfokus pada VJ-ing. Sebagai contoh adalah festival VideA di Barcelona mulai dari 2000 hingga 2005. Acara pelopor festival VJ lainnya yakni Cimatics di Brussels, Belgia. Festival pertamanya yakni pada 2002 benar-benar tertuju untuk VJ-ing. Kini karya Visual Jockey lazim kita jumpai dalam banyak acara musik, tidak hanya untuk DJ saja.

Mengontrol software Resolume menggunakan MIDI Controller

Previous article

Tantangan menjadi VJ, kreativitas dan originalitas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in DJ Profile