Technology

Daftar peralatan DJ untuk pemula yang patut kamu ketahui

0

Menekuni dunia electronic dance music baik sebagai hobi atau profesi membutuhkan modal peralatan selain tentunya menyukai musik dan audio. Sebagai seorang DJ pemula, ada setidaknya tiga jenis peralatan DJ yang wajib kalian pelajari. Kabar baiknya, semua bisa dipelajari secara bertahap tergantung waktu dan anggaran kalian. Berikut penjelasannya:

  1. Alat DJ menggunakan Android

Apabila kalian belum mempunyai banyak uang untuk peralatan DJ berupa hardware, bisa terlebih dahulu mencoba software-nya. Gampang dan murah, cukup berbekal Android di smartphone saja, kalian sudah bisa mempelajari teknis dasar DJ. Beberapa aplikasi yang bisa diunduh mencakup Edjing, DJ Studio 5, Cross DJ Free dan DJ Mix Pads- Drum Pad & DJ Mixer. Dari aplikasi tersebut, kalian sudah bisa mempelajari cara mixing, menentukan beat per minute, tempo hingga sinkronisasi. Semuanya bisa dipelajari sambil dalam perjalanan, loh.

  1. Alat DJ menggunakan MIDI Controller

Jika mempunyai cukup modal, kalian wajib mempunyai MIDI Controller. Menurut Wikipedia, MIDI Controller artinya alat musik yang bisa dimainkan seperti keyboard. MIDI Controller sudah terintegrasi dengan software yang memungkinkan kalian bisa mengendalikan perpindahan suara tersebut, seperti penambahan efek, pad, yang saat ini dikenal sebagai software synthesizer.

Dalam MIDI Controller terdapat beragam tuts, ada yang 37, 41, 61 hingga 88. Nyaman digunakan, MIDI Controller tersambung dengan keyboard di komputer untuk memudahkan pengguna. Beberapa contoh MIDI Controller yakni Pioneer DDJ-SB, Behringer CMD Studio 4A dan Native Instruments Traktor Kontrol S2 MK2.

  1. Peralatan XDJ-RX

Peralatan DJ yang ketiga yakni XDJ-RX buatan Pioneer. Dengan harga yang memang mahal, kalian akan menikmati ragam fitur berkelas untuk menunjang performa. Sebagaimana kami ambil dari pioneerdj.com, XDJ-RX merupakan kombinasi klop antara dua USBĀ­-driven player, mixer 2 kanal, kendali alas dan layar besar dengan tampilan waveform ganda. XDJ-RX ini mewarisi mayoritas DNA-nya dari penyusunan standar klub yang memungkinkan kalian bisa menikmati fitur performa kuat, termasuk Loop Slice. Kalian pun akan tetap bisa menggunakan XDJ-RX ini sebagai mixer mandiri.

Daftar headset murah berkualitas ala sekolah DJ

Previous article

Deretan software DJ gratis untuk bikin musik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Technology