Technology

Membangun Studio DJ dengan Budget 10 juta

0
membuat studio dj

Membuat studio latihan dj sendiri di rumah merupakan kebutuhan yang cukup penting bagi seorang dj. Fungsinya apa, yaitu agar aktivitas berlatih dj dapat dilakukan kapan saja, tanpa memerlukan biaya sewa studio yang jika dikalikan bisa menguras kantong. Nah dengan kata lain, memiliki studio dj sendiri tentunya akan membuat kalian semakin hemat pula. Memiliki studio dj sendiri juga tentunya akan membuat kalian semakin semangat dalam berlatih dj, karena tidak perlu keluar dan jauh-jauh ke studio untuk latihan.

Lalu bahasan kita kali ini adalah dapatkah kita membangun studio dj dengan budget 10 juta? jawaban nya adalah BISA!. Yapp dalam membuat studio rekaman dj ternyata tidak diperlukan biaya yang sangat mahal. Syaratnya adalah kita harus pintar dalam membagi porsi budget untuk setiap barang yang ingin kita beli.

Berbicara masalah budgeting, dalam membeli alat-alat studio ternyata kita dapat semakin menghemat yaitu dengan memanfaatkan berbagai macam event diskon atau cashback yang biasanya ada di toko-toko musik. Promo atau diskon lebaran, akhir tahun, flash sale. Mencari informasi dari sosial media adalah hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan informasi yang tentunya akan memberikan keuntungan bagi kita ini. Namun apabila tidak ada, tenang saja dengan cermat mari kita perhitungkan skala prioritas spesifikasi minimal untuk membuat studio rekaman dj dengan budget yang kita targetkan yaitu maksimal 10 juta rupiah.

Budgeting Alat Studio ala Sekolahdj.com

  1. DJ Controller

    Harga maksimal 3 juta rupiah
    Bagian yang paling penting adalah DJ Controller, belilah dj controller maksimal 3 juta. Di kelas ini dj controller yang bisa kalian beli dari Numark Party Mix, sampai dengan numark mixtrack 3. Selain itu kalian juga bisa dengan mencari dj controller bekas dengan kondisi yang layak beli, seperti Pioneer DDJ SX, dan sebagainya.

  2. Desktop/laptop
    Harga maksimal 4 juta (second)
    Kemudian yang tak kalah penting adalah memiliki laptop, apabila menggunakan dj controller tentunya laptop sangat diperlukan karena tanpa laptop dj controller tidak dapat digunakan. Belilah laptop dengan spesifikasi yang cukup agar aktivitas dj-ing kalian dapat lancar (baca  : rekomendasi laptop dj-ing). Belilah laptop dengan harga maksimal 4 juta, apabila terdapat laptop baru dengan spesifikasi minimal seperti yang dijelaskan pada artikel tersebut maka bisa menjadi pilihan, namun apabila dengan harga tersebut tidak bisa untuk membeli yang baru, pilihlah laptop bekas namun pastikan bahwa masih dengan keadaan yang prima.
  3. Speaker Monitor

    Harga maksimal 2 juta
    Dengan budget sejumlah itu kita sudah dapat membeli speaker monitor baru standar yang cukup bagus yaitu dengan merk behringer, ataupun Samsons dengan harga 2 juta. Untuk awalan, speaker tersebut tentunya sudah cukup untuk digunakan sebagai studio DJ di rumah kalian.

  4. Headphone

    Harga maksimal 500 ribu
    Headphone digunakan untuk mendengar mix antara kedua lagu yang akan disambung dengan lebih detail. Salah satu saran kami, belilah headphone yang memang khusus untuk performing DJ seperti Numark HF 125, dan sebagainya.

  5. Kabel

    Harga Maksimal 500 ribu
    Kabel menjadi kebutuhan yang penting untuk diperhatikan. Pastikan terlebih dahulu apa kabel interkoneksi yang dibutuhkan dari masing-masing device. Coba check apakah itu TRS, RCA, TS, atau bahkan XLR cable. Dengan harga 500rb tentunya sudah cukup untuk membuat kabel-kabel interkoneksi device tersebut.

Dengan budgeting yang cermat, tentunya membuat studio dj dengan budget 10 juta cukup mudah. Budgeting di atas dapat kalian sesuaikan, apabila menemui kendala-kendala ketika melakukan pencarian terhadap barang-barang tersebut. Nah jika masih terdapat sisa, mungkin kalian dapat alokasikan untuk membeli peralatan atau kebutuhan opsional lain seperti meja, karpet, peredam suara, dan sebagainya. Nah berikut rangkuman budgeting studio DJ 10 juta telah selesai dirangkum oleh tim sekolahdj.com. Semoga bermanfaat!

Mengenal Raja Trance Dunia

Previous article

Video: Perbedaan Hardcase, Softcase dan Flightcase untuk Alat DJ / Musik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Technology